Monday, September 16, 2019

Resensi Film Bebas

Film “BEBAS” menceritakan lima cewek dan seorang cowok yang menjadi teman baik selama SMA. Mereka itu adalah Vina (Maizura), Kris (Sheryl Sheinafia), Jessica (Agatha Pricilla), Gina (Zulfa Maharani), Suci (Lutesha) dan Jojo (Baskara Mahendra). Namun sebuah peristiwa membuat mereka terpaksa berpisah. Dua puluh tiga tahun kemudian, Vina dewasa bertemu dengan Kris dewasa di rumah sakit secara tidak sengaja. Kris yang divonis bahwa hidupnya tidak lama lagi meminta Vina untuk mengumpulkan kembali “Geng Bebas” untuk bertemu terakhir kalinya. Pemain “Geng Bebas” dewasa dibintangi oleh Marsha Timoty sebagai Vina, Susan Bachtiar sebagai Kris, Indy Barends sebagai Jessica, Widi Mulia sebagai Gina, dan Baim Wong sebagai Jojo, sementara Suci dewasa tidak diketahui keberadaannya. Film ini akan bergantian memperlihatkan dua masa berbeda; tahun 1996 saat mereka remaja dan masa sekarang di mana mereka sudah dewasa. Selain sebelas bintang di atas, Film “BEBAS” juga diperkuat oleh Syifa Hadju, Amanda Rawles, Brandon Salim, Kevin Ardilova, Giorgino Abraham, Sarah Sechan, Tika Panggabean, serta Jefri Nichol.
Film “Bebas” rencananya akan mulai tayang di bioskop tanggal 3 oktober 2019. Film ini merupakan remake dari film Korea Selatan yang berjudul “Sunny” hasil kerjasama antara Miles Film dengan CJ Entertainment sebagai pemilik lisensi film aslinya. “Sunny” dirilis pada 2011 dan masuk ke jajaran film terlaris Korea Selatan dengan angka penjualan tiket 7,48 juta lembar. Film ini digarap sutradara-penulis Kang Hyeong-cheol, yang mengerjakan film debut “Scandal Makers” (2008) yang juga sukses besar secara komersial. “Bebas”, yang digarap sutradara Riri Riza dan produser-penulis Mira Lesmana, akan menjadi versi remake keempat atas “Sunny”. Sebelumnya, sudah ada film remake versi Hollywood, Vietnam (Go Go Sisters), serta Jepang (Sunny: Tsuyoi Kimochi Tsuyoi Ai). Bagi CJ, ini adalah proyek remake kedua di Indonesia setelah Sweet 20 (Miss Granny) dua tahun silam.
Walaupun film “Bebas” merupakan versi remake dari film “Sunny”, tetapi ada dua perbedaan besar diantara keduanya yaitu latar waktu cerita dan susunan tokohnya.
Latar waktu cerita:
- “Sunny” berkisah tentang seorang perempuan paruh baya yang berusaha untuk memenuhi permintaan sahabatnya yang sekarat, yaitu mengumpulkan kembali geng pertemanan mereka semasa SMA. Alur cerita film lantas terbagi ke dua linimasa berbeda, yaitu era sekarang serta era 1980-an ketika mereka masih SMA.
- Dalam versi “Bebas”, latar waktu cerita masa lalu bukan 1980-an, tetapi 1990-an. Ini selaras dengan kenaikan tren "nostalgia era 1990-an" sebagai materi hiburan yang menarik banyak orang, terutama lewat pertunjukan musik. Bagi Riri dan Mira, 1990-an adalah era kebangkitan kultur pop di Indonesia.
Susunan tokoh.
- Dalam “Sunny”, penonton mengikuti kisah geng tujuh perempuan, yang mereka beri nama “Sunny”, di sebuah SMA homogen. Tokoh pembawa cerita adalah Na-mi (Yoo Ho-jeong), yang menerima permintaan khusus dari Chun-hwa (Jin Hee-kyung).
- Dalam versi “Bebas”, geng pertemanan SMA ini adalah lima perempuan dan satu laki-laki.
Tak sabar rasanya melihat film terbaru dari Miles yang sudah dikenal sukses dengan beberapa cerita sebelumnya seperti Petualangan Sherina, Ada Apa dengan Cinta? 1 dan 2, dan Laskar Pelangi.
  • Jenis Film: Drama
  • Produser: Mira Lesmana
  • Sutradara: Riri Riza
  • Penulis: Mira Lesmana, Gina S. Noer
  • Produksi: Miles Films, CJ Entertainment, Ideosource, BASE En
  • Casts: Marsha Timothy, Maizura, Susan Bachtiar, Sheryl Sheinafia, Indy Barends, Agatha Pricilla, Baim Wong, Baskara Mahendra, Zulfa Maharani, Lutesha, Syifa Hadju, Amanda Rawles
*Dari berbagai narasumber


No comments:

Post a Comment