Monday, November 11, 2019

Mengapa Tidak Bisa Membayar BPJS Menggunakan POSFIN


Beberapa hari lalu, saya berencana untuk membayar BPJS Kesehatan orang tua saya menggunakan Posfin (penjelasan mengenai apa itu Posfin, bisa dilihat di sini, mengenal Posfin sebagai peluang usaha masa kini). Tetapi, ketika memasukkan nomor Virtual Account (VA)nya ternyata tidak bisa dan muncul pop up seperti di bawah ini

Padahal, jika akan membayar BPJS Kesehatan menggunakan platform lain seperti linkAja atau Dana bisa, seperti di bawah ini


Akhirnya, saya pun menghubungi helpdesk Posfin menggunakan WA. Saya sengaja menghubungi helpdesk Posfin menggunakan WA karena kebetulan cukup kenal dengan helpdesk Posfin ini. Pihak helpesk juga cukup kebingungan dengan kasus ini, mungkin sebelumnya tidak pernah terjadi seperti ini. Saya berkomunikasi dengan helpdesk sampai dua hari dan sampai malam juga. Harus saya akui, helpdesk Posfin ini sangat bagus responnya untuk melayani customernya. Setelah beberapa cara dicoba, sesuai dengan instruksi yang disampaikan oleh helpdesk, akhirnya bisa juga saya membayarkan bpjs kesehatan orang tua. Ternyata, untuk membayar BPJS Kesehatan di Posfin tidak bisa langsung memasukkan nomor VA seperti yang tertera di kartu, tetapi ada semacam kode yang harus diubah. Dalam hal ini, nomor VA orang tua saya yaitu 888880144557XXXX, jika akan membayar BPJS Kesehatan harus diubah menjadi 000144557XXXX. Lima angka di depan (88888) diganti dengan dua nomor 00.
Sebenarnya ada yang menggantung dalam kasus ini, yaitu mengapa tidak bisa memasukkan nomor VA BPJS Kesehatan secara langsung tetapi harus mengganti lima angka di depan dengan dua angka 00 agar bisa dikenali oleh sistem Posfin. Hal itu tentu saja merepotkan orang yang akan membayar BPJS Kesehatan menggunakan Posfin.

Misteri tersebut sepertinya mulai terungkap (versi saya tentunya), ketika saya akan membayarkan BPJS Kesehatan orang tua saya yang di Garut. Nomor VA BPJS Kesehatan orang tua saya yang di Garut itu adalah 000196595XXXX. Asumsi saya, Posfin yang merupakan anak perusahaan PT POS yang kantor pusatnya di Bandung Jawa Barat sepertinya mengadopsi penamaan nomor BPJS Kesehatan seperti yang berlaku di Jawa Barat, yaitu depannya menggunakan 00 terlebih dahulu, bukan 88888.

Sebagai informasi, sampai tulisan ini di upload sistem Posfin tetap belum bisa mengenali VA 88888XXXXXXXXX dengan pop up “transaksi ditolak. No VA tidak terdaftar”. Saran saya, sebaiknya pihak Posfin mengupdate sistemnya agar bisa menerima pembayaran BPJS Kesehatan sesuai dengan VA yang terdaftar di kartu BPJS tanpa harus mengubah kodenya dari 88888 menjadi 00 terlebih dahulu, karena sistem yang lain bisa melakukannya. Hal ini dilakukan agar semakin banyak lagi customer yang bisa membayar BPJS Kesehatan melalui Posfin.

Demikian sedikit informasi dan penjelasan mengapa tidak bisa membayar BPJS Kesehatan melalui Posfin.





No comments:

Post a Comment