Tuesday, December 10, 2019

Pesona Leuweung OKO (The Great OKO) Selaawi Limbangan Garut

Pesona Leuwung OKO atau biasa dikenal sebagai The Great OKO yang berada di Desa Cirapuhan Kecamatan Selaawi Limbangan merupakan destinasi wisata baru di Garut yang mengusung konsep syariah (halal) pertama. The Great Oko baru dibuka pada bulan Oktober 2017 lalu. Awalnya kawasan ini merupakan hutan produksi Perum Perhutani Jabar Banten. Visual landscape kawasannya sangat indah dengan hamparan pohon pinus berpadu di atas kawasan perbukitan, atas dasar inilah kawasan ini dibuka menjadi destinasi wisata alam. Daya tarik utama kawasan The Great Oko ialah kesejukan alam khas pegunungan, di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah. Banyaknya pohon pinus yang menjulang tinggi, suasana tebing dan hutan rindang yang mengelilingi lokasi wisata memiliki daya tarik tersendiri.
Tempat ini sangat cocok untuk tempat rekreasi bersama keluarga karena kondisinya yang masih sangat alami dan bebas dari polusi yang jarang ditemui di kota-kota besar, selain itu lokasinya yang berada di pegunungan membuat hawa disana sangat sejuk. Hutan pinus yang dikelola dengan sangat baik, sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati suasana hutan dengan nyaman sambil duduk ditempat yang disediakan, seperti tikar.
Tiket masuk untuk para pengunjung Rp 5.000/orang. Tiket tersebut hanya untuk masuk saja, sementara jika kita akan mencoba wahana lainnya, harus bayar lagi. Berikut ini tiket untuk wahananya gembok cinta Rp. 5000 sepuasnya, Hammock/ayunan Rp. 10.000 sepuasnya, mandi bola Rp. 7000 sepuasnya, istana balon Rp. 10.000 sepuasnya, thrampoline Rp. 5000 sepuasnya, odong-odong Rp. 5000, motor ATV Rp. 10.000, panahan Rp. 5000 sepuasnya, kemping ground 15.000/0rang/malam. Dengan harga tiket yang tergolong sangat murah, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena tersedia sarana parkir cukup luas dan cukup aman.
potensi wisata cukup besar ini sangat menjanjikan sebagai destinasi favorit dikawasan Priangan Timur dengan potensi  banyaknya spot  instagramable yang digandrungi oleh generasi milenial. Di tengah-tengah tempat wisata ini, ditambahkan juga puluhan payung yang digantung di antara pohon pinus. Beberapa rumah pohon juga sengaja dibangun oleh panitia untuk spot berswafoto. Selain ini, di beberapa spot foto juga dibuat tulisan-tulisan yang cukup lucu dan menggelitik.
Akses ke The Great OKO lumayan mudah. Jika dari Pasar Limbangan menuju ke arah Malangbong, tidak jauh dari situ ada semacam pertigaan ke arah Selaawi dimana disitu juga sudah terpampang tulisan “The Great OKO” masuk aja ke dalam. Jarak dari jalan raya Limbangan-Malangbong ke Great OKO tidak terlalu jauh, sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan. akses ke The great OKO sudah di aspal, tetapi jalanannya yang cukup sempit akan menyulitkan jika ketemu dengan kendaraan yang berlawanan.
Demikian sekilas penjelajahan kita ke The Great OKO Garut. Terima kasih.




No comments:

Post a Comment