Wednesday, October 23, 2019

Fasilitas dan Keunggulan Fakultas Teknik Untirta

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau biasa disingkat dengan Untirta, adalah PTN yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Kampus utamanya berada di Serang, sementara kampus Fakultas Teknik berada di Cilegon dan Fakultas Keguruan berada di Ciwaru. Bisa dibilang, Untirta adalah PTN terbaik di provinsi Banten.
Jalan-jalan kita kali ini adalah mengunjungi Fakultas Teknik Untirta yang berada di Cilegon. Jika kita berangkat dari Jakarta lewat tol Jakarta-Merak, keluar di pintu tol Cilegon Barat. Tidak jauh dari pintu tol, Kampus Fakultas Teknik Untirta mudah ditemukan. Jarak dari Jakarta ke kampus Untirta sekitar 110 km dengan waktu tempuh menggunakan mobil sekitar 2 jam lebih.
Kampus Fakultas Teknik Untirta berada dalam Kawasan Industri Cilegon, dimana pada kawasan ini terdapat berbagai macam industri logam berat, kimia, manufacture, engineering dan pembangkit listrik, diantaranya PT. Krakatau Steel & Group. Sampai saat ini, Fakultas Teknik Untirta terdiri dari 6 jurusan Strata I yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Sipil.
Pada saat ini Fakultas Teknik Untirta telah memiliki fasilitas fisik yaitu berupa gedung dekanat, gedung COE Petrokimia, ruang kuliah berlantai tiga, ruang sekretariat, ruang dosen tetap, laboratorium, ruang perpustakaan, ruang koperasi, Masjid Al-Muta’alimin, ruang komputer, ruang workshop, ruang sidang sarjana, klinik, ruang himpunan mahasiswa jurusan, dan sarana olah raga.
Jika dilihat dari pintu masuk, kampus ini terkesan kecil dan bangunannya sudah tua, tetapi ketika kita masuk ke dalamnya, kampus ini memiliki gedung yang baru dan besar. Kampusnya sangat adem karena banyak pohon disepanjang jalan dan di dekat gedung perkuliahan. Suasana kampus ini lebih adem dibandingkan dengan yang di Serang maupun Ciwaru. Kampus ini memiliki 4 kantin untuk belanja makanan yaitu kantin belakang, kantin depan, kantin jurusan dan koperasi mahasiswa teknik. Kampus ini juga memiliki gedung aula yang luas, ruang perkuliahan yang nyaman karena setiap ruang kelas memiliki proyektor dan pendingin ruangan sehingga mahasiswa dapat menikmati proses perkuliahan dengan baik, tempat parkirannya juga sangat luas.



*Dari berbagai narasumber

No comments:

Post a Comment